SMAN 3 PAINAN

JL.RAYA SAGO KOMPLEK ISLAMIC CENTER SAGO PAINAN

TO BE THE BEST FOREVER

PROFIL SEKOLAH

Rabu, 30 Januari 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 527 Kali

 

PROFIL UMUM SEKOLAH

SMA NEGERI 3 PAINAN

 

No.

IDENTITAS SEKOLAH

1

NAMA SEKOLAH

SMA NEGERI 3 PAINAN

2

N.P.S.N

10310795

3

N.S.S

301080603020

4

PROPINSI

SUMATERA BARAT

5

OTONOMI

PESISIR SELATAN

6

KECAMATAN

IV JURAI

7

DESA / KELURAHAN

SAGO

8

JALAN DAN NOMOR

Komplek Islamic Center Sago

9

KODE POS

25611

10

TELEPON

KODE WILAYAH : 0756        NOMOR : 7464078

11

FAKSIMILE

KODE WILAYAH :                  NOMOR :

12

DAERAH

PERKOTAAN

13

STATUS SEKOLAH

NEGERI

14

KELOMPOK SEKOLAH

UNGGUL  / BOARDING SCHOOL

15

AKREDITASI

 

    A      (Nilai Akreditasi 89)

16

SURAT KEPUTUSAN / SK

NOMOR : 420/323/KPTS/BPT-PS/2011

TGL          :30 JUNI 2011

17

PENERBITAN SK (DITANDATANGANI OLEH)

BUPATI PESISIR SELATAN

18

TAHUN BERDIRI

TAHUN : 2011

19

TAHUN PERUBAHAN

TAHUN :

20

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

PAGI  (1 Sift)

21

BANGUNAN SEKOLAH

MILIK NEGARA

22

LUAS BANGUNAN

L :    550 m2                   P:1500 m2

23

LUAS SEKOLAH

+  3,7 Ha

24

JARAK KE PUSAT KECAMATAN

4 KM

26

TERLETAK PADA LINTASAN

PROVINSI

27

JUMLAH ANGGOTA RAYON

Bebas Rayon

28

ORGANISASI PENYELENGGARA

PEMERINTAH

29

PERJALANAN/PRUBAHAN SEKOLAH

 

 

RASIONAL

Satuan Pendidikan merupakan institusi pendidikan yang mempunyai peran yang sangat vital untuk menyiapkan  sumber daya manusia  yang ideal sebagaimana tertuang  dalam tujuan pendidikan nasional, yaitu  mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,

Untuk menghadapi tantangan tersebut, SMA Negeri 3 Painan sebagai Sekolah unggul Kabupaten Pesisir Selatan secara terus menerus berkembang untuk  memenuhi sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang didasari nilai keimanan dan ketakwaan (Imtaq) sehingga mampu mengantarkan peserta didik pada Perguruan Tinggi favorit di dalam maupun luar negeri.

  1. Visi dan Misi SMA Negeri 3 Painan

 

  1. Visi

 

“ Sekolah Unggul , Berkarakter  ,Berprestasi dan Berwawasan Lingkungan.”

                                       

  1. Misi

 

  1. Implementasi Pendidikan Karakter Sebagai sasaran penyelenggaraan Kegiatan Akademik dan Non Akademik
  2. Menjadikan warga sekolah yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab
  3. Mengembangkan Budaya Prestasi Akademis dan Non Akademis 
  4. Membangun Warga Sekolah Yang Kompetitif
  5. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif bagi pelaksanaan proses pembelajaran
  6. Menjadi sekolah adiwiyata Nasional dan Mandiri
  7. Pengembangan potensi kewirausahaan
  8. Mengembangkan kecakapan menyongsong era industry 4.0

 

  1. Tujuan Satuan Pendidikan

 

Tujuan yang akan dicapai sebagai rencana kegiatan dan pelaksanaan program pembelajaran di SMA Negeri 3 Painan dideskripsikan sebagai berikut:

 

  1. TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (UU RI NO 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional)

  1. TUJUAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 3 PAINAN

Pendidikan menengah diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar serta menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar serta dapat mengembangkan kemampuan lebih lanjut dalam dunia kerja atau pendidikan tinggi.

Tujuan Pendidikan pada SMA Negeri 3 Painan mengacu pada Tujuan Pendidikan Menengah yang tertera pada BSNP yaitu mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan, pengetahuan pribadi, ahlak mulia serta keterampilan, untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut secara umum adalah:

  1. Tahun 2021, Tercapainya peserta didik yang cerdas, berkualitas, bertakwa, berkepribadian luhur, dan berprestasi serta berkarakter baik di bidang akademis dan non akademis (olah raga dan seni serta di bidang kreativitas lainnya),
  2. Tahun 2021, Terwujudnya peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dan mewujudkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  3. Tahun 2021 Terwujudnya peserta didik sikap ulet dan gigih sehingga mampu beradaptasi dengan kemajuan dalam era globalisasi,
  4. Di Tahun 2021 Tercapainya peserta didik agar memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri,
  5. Tahun 2021 Tercapainya sekolah telah memiliki tim olimpiade matematika dan sain yang berprestasi baik di tingkat kabupaten, propinsi, dan nasional
  6. Tahun 2021 Tercapainya sekolah memiliki tim karya ilmiah dan penelitian yang berprestasi baik di tingkat kabuaten maupun propinsi dan nasional.
  7. Tahun 2021.Terwujudnya sekolah telah memiliki tim di beberapa cabang olah raga (Sepak bola,Volly ball, badminton, sepak takrau, catur,), yang mampu berprestasi minimal di tingkat regional
  8. Tahun 2021 Terwujudnya sekolah telah memiliki prestasi di beberapa cabang seni (musik, tari, dan ahat) di tingkat Provinsi dan Nasional.
  9. Tahun 2021 Terwujudnya sekolah yang memiliki budaya bersih, aman, nyaman, bebas asap rokok, narkoba dan kekerasan melalui peraturan dan tata tertib sekolah.
  10. Tahun 2021 Terwujudnya sekolah yang memiliki budaya disiplin, tertib, menjunjung tinggi akhlak mulia, kepedulian sosial dan lingkungan dikalangan warga sekolah melalui peraturan dan tata tertib sekolah.
  11. Tahun 2021 Terwujudnya kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
  12. Tahun 2021 Terwujudnya sekolah telah memiliki mitra kerja dengan beberapa sekolah unggul di dalam
  13. Terwujudnya sekolah memiliki mitra kerja dengan beberapa sekolah ungggul di luar negeri baik dalam bentuk “school sister” maupun “twin program”.
  14. Terwujudnya kualitas manajemen sekolah secara bertahap sehingga status sekolah meningkat dari sekolah unggulan Kab. Pesisir Selatan (2011) dan Sumatera Barat (2021).
  15. Terwujudnya siswa lulus sekolah dapat diterima di berbagai perguruan tinggi negeri favorit dalam negeri melalui Jalur SNMPTN Tahun 2021, minimal 40%.
  16. Terwujudnya siswa lulusan sudah ada yang lolos dan diterima di perguruan tinggi luar negeri Melalui Jalur SBMPTN Tahun 2021 perguruan tinggi favorit dalam negeri 50%.
  17. Terwujudnya siswa lulusan sudah ada yang lolos dan diterima di perguruan tinggi luar negeri Melalui Jalur prestasi Tahun 2021 perguruan tinggi favorit dalam negeri 5%.
  18. Terwujudnya siswa lulusan sudah ada yang lolos dan diterima di perguruan tinggi luar negeri Melalui Jalur Mandiri Tahun 2021 perguruan tinggi favorit dalam negeri 5%.

 

 

  1. PROGRAM SMA NEGERI 3 PAINAN

B.1   Ruang Lingkup Program Kegiatan

Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SMA Negeri 3 Painan ini disusun berdasarkan Rencana Kerja Sekolah (RKS) jangka menengah, dengan mempertimbangkan keadaan sekolah, harapan pemangku kepentingan, dan tantangan dalam lingkungan strategis pendidikan di sekolah agar sasaran dan program pengembangan sekolah dalam 4 tahun ke depan dapat duwujudkan.

Ruang lingkup Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SMA Negeri 3 Painan ini meliputi : 

  • Bidang kesiswaan.
  • Bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran;
  • Bidang pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya.
  • Bidang sarana dan prasarana.
  • Bidang keuangan dan pembiayaan.
  • Bidang budaya dan lingkungan sekolah.
  • Bidang peranserta masyarakat dan kemitraan.
  • Bidang rencana-rencana kerja lain yang mengarah kepada peningkatan danpengembangan mutu.

 

B.2   Rincian Program Kegiatan

Agar lebih detail dan realistis maka masing-masing program kegiatan akan dideskripsikan secara jelas dan tajam mengenai : (1) sasaran, (2) program, (3) indikator keberhasilan, (4) penanggung  jawab, (5) kegiatan, dan (6) jadwal kegiatan.

Sasaran digunakan sebagai panduan dalam menyusun program kegiatan yang akan dilaksanakan  guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan. Dalam menetapkan sasaran, sekolah telah melakukan analisis kesiapan sekolah untuk mencapai sasaran tersebut, antara lain dengan melihat kesiapan sumberdaya manusia, sarana & prasarana,  keuangan, dan situasi serta kondisi sekolah.

Setelah sasaran dirumuskan, sekolah menetapkan program-program yang perlu dikembangkan. Program merupakan  pernyataan yang berisi kesimpulan dari satu atau beberapa alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Berdasarkan hasil identifikasi pemecahan tantangan utama tersebut, sesuai dengan ruang lingkup kegiatan, maka program-program yang akan dikembangkan di SMA Negeri 3 Painan sebagai berikut untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah sbb :

 

B.2.1   Bidang Kesiswaan

Program kerja bidang kesiswaan meliputi berikut ini :

  1. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Peserta Didik Baru dikelola melalui PPDB sebagaimana terdapat dalam syarat-syarat PPDB sekolah. Pembinaan kesiswaan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler Meliputi :

  1. IMTAQ

Kegiatan IMTAQ dilaksanakan  di masjid, dan kegiatan ini adalah pilihan wajib  peserta didik untuk pengembangan diri. Kegiatan imtaq    dilaksanakan dengan sistem mentoring 1 kelompok  akan dibina oleh 1 mentor yang didatangkan dari luar sekolah. Siswa akan belajar tentang ibadah yang baik dan benar, praktek ibadah, diskusi seputar islam, kultum, tahfiz, setoran hafalan ayat dan sebagainya.

 

 

  1. OSN (Olimpiade Sain Nasional)

Pengembangan diri OSN arahnya adalah bisa berkompetisi  dalam lomba olimpiade  adapun mata ujinya adalah : BIOLOGI, FISIKA, KIMIA, MATEMATIKA, EKONOMI, GEOGRAFI, KEBUMIAN, ASTRONOMI, TIK.

  1. EMPAT PILAR KEBANGSAAN

Program pengembangan diri 4 pilar kebangsaan kegiatannya adalah, membahas tentang UUD 1945, bhineka tunggal ika, NKRI,  dan  pancasila. Bentuk kegiatan ini adalah diskusi, presentasi debat dan lain sebaginya.

  1. FLS2N ( Festival Lomba Seni Siswa Nasional)

Kegiatan kesenian, yang terdiri dari: TARI, DRAMA, RANDAI, dll

  1. O2SN ( Olimpiade Olaraga Siswa Nasional)

Kegiatan  pengembangan diri  O2SN adalah kegiatan olahraga, KARATE, PASKIBRAKA, SEPAKBOLA, BASKET,PRAMUKA,  DLL

  1. ADIWIYATA dan SEKOLAH SEHAT

Kegiatan pengembangan diri ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah aman, sehat, indah, dan lestari. Kegiatanya berupa pembentukan tim  kesehatan sekolah, pembentukan unit kegiatan sekolah (UKS),  pemanfaatan sampah menjadi pupuk kompos, pembuatan apotek hidup, rumah kaca, hidroponik, simulasi tsunami dll,

  1. ECAFE LEARNING

Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan yang handal dalam bahasa inggris, kegiatan ini dalam bentuk  debat, drama, speech (pidato) dan kegiatan lainya.

  1. VIDEO CONVERENCE

Keriatan video converence dilakukan satu kali dalam satu bulan dengan Negara –negara lain seperti: Ukraina, Amerika Serikat, India, Inggris dan Lain-lain.

 

  1. LKIR/JURNALISTIK

Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik memahami dan trampil dalam menulis karya ilmiah.

  1. PRAMUKA

Kegiatan pramuka bertujuan menjadikan peserta didik yang mandiri, kstaria, tanggung jawab dan disiplin. Kegiatan nya berupa jelajah,  camping,  pengabdian masyarakat

 

 

 B.2.2   Bidang Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran

            Implementasi kurikulum 2013 meliputi :

  1. Penyusunan KTSP yang mengacu pada SI dan SKL sebagaimna panduan BNSP dan meliputi :
  2. Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan,
  3. Beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah,
  4. Kalender pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  5. Pelaksanaan proses pendidikan dan pembelajaran.
  6. Kalender Pendidikan/Akademik

Kalender pendidikan/akademik meliputi jadwal pembelajaran, penilaian harian, ujian, kegiatan ekstrakurikuler, dan hari libur.

  1. Program Pembelajaran
    1. Penjaminan mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dan program pendidikan tambahan yang dipilihnya.
    2. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan peraturan pelaksanaannya, serta Standar Proses dan Standar Penilaian.
    3. Pengembangan mutu pembelajaran dengan model kegiatan pembelajaran yang mengacu pada Standar Proses melibatkan peserta didik secara aktif, demokratis, mendidik, memotivasi, mendorong kreativitas agar peserta didik mencapai pola pikir dan kebebasan berpikir sehingga dapat melaksanakan aktivitas intelektual yang berupa berpikir, berargumentasi, mempertanyakan, mengkaji, menemukan, dan memprediksi pemahaman bahwa keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses belajar yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan mendalam untuk mencapai pemahaman konsep, tidak terbatas pada materi yang diberikan oleh guru.
  2. Penilaian Hasil

Program penilaian yang berbasis ICT. Penilaian dilaksanakan sesuai standar penilaian pendidikan yang telah ditetapkan pada Permendikbud. Penilaian peserta didik dilaksanakan pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Penilaian harian, semester, ujian sekolah, dan ujian nasional dilaksanakan dengan berbasis komputer

 

 

B.2.3   Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  1. Menyusun program pendayagunaan pendidik dan tenaga Kependidikan sesuai Standar.
  2. Menyusun pembagian tugas pendidik dan tenaga kependidikan.
  3. Menentukan sistem penghargaan, dan pengembangan profesi bagi setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta menerapkannya secara profesional, adil, dan terbuka.
  4. Melaksanakan promosi pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan asas kemanfaatan, kepatutan, dan profesionalisme.
  5. Menyusun penempatan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kebutuhan baik jumlah maupun kualifikasinya dengan menetapkan prioritas

 

B.2.4   Bidang Sarana dan prasarana

  1. Menyusun program pengelolaan sarana dan prasarana yang mengacu pada Standar Sarana, dan meliputi Merencanakan, memenuhi dan mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan;
  2. Mengevaluasi dan melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana agar tetap berfungsi mendukung proses pendidikan;
  3. Melengkapi fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas disekolah
  4. Menyusun skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan dan kurikulum masing-masing tingkat;
  5. Pemeliharaan semua fasilitas fisik dan peralatan dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan.

 

B.2.5   Bidang Keuangan dan Pembiayaan

Menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional yang mengacu pada Standar Pembiayaan, yang meliputi :

  1. Sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola;
  2. Penyusunan dan pencairan anggaran, serta penggalangan dana di luar dana investasi dan operasional;
  3. Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran, untuk dilaporkan kepada komite sekolah, serta institusi di atasnya.
  4. Pelaporan pengelolaan keuangan

 

 

 

B.2.6   Bidang Budaya dan Lingkungan Sekolah

  1. Menyusun program budaya dan lingkungan sekolah untuk menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran yang efisien dalam prosedur pelaksanaan yang berisikan :
  2. Tata tertib pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik, termasuk dalam hal menggunakan dan memelihara sarana dan prasarana pendidikan;
  3. Petunjuk, peringatan, dan larangan dalam berperilaku di sekolah serta pemberian sangsi bagi warga yang melanggar tata tertib.
  4. Menetapkan kode etik warga sekolah yang memuat norma tentang hubungan sesama warga di dalam lingkungan sekolah dan di asrama hubungan antara warga sekolah dengan masyarakat.
  5. Menyusun sistem yang dapat memberikan penghargaan bagi yang mematuhi dan sangsi bagi yang melanggar.
  6. Menyusun kode etik sekolah yang mengatur peserta didik dan memuat norma untuk:

 

B.2.7   Bidang Peranserta Masyarakat dan Kemitraan Sekolah

  1. Menyusun program kerjasama sekolah dengan warga dan masyarakat pendukung dalam mengelola pendidikan di bidang akademis dan non akademis.
  2. Menjalin kemitraan dengan lembaga lain yang relevan, berkaitan dengan input, proses, output, dan pemanfaatan lulusan tremasuk dengan dunia industri.
  3. Menjalin keejasama dan kemitraan dengan sekolah unggul di Sumatera dan Jawa
  4. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan perguruan tinggi negeri di Indonesia

 

 

TARGET PROGRAM – PROGRAM SEKOLAH

(AKADEMIK DAN NON AKADEMIK)

NO

NAMA PROGRAM

TARGET YANG HENDAK DICAPAI

(3 tahun Akan datang)

2021

2022

2023

 

1

AKADEMIK

 

a.       Siswa lulus Ujian Nasional (100%) dengan nilai rata-rata

8.00

8.00

8.25

 

 

b.       Siswa Lulus di perguruan tinggi favorit di Indonesia melalui SNMPTN Undangan

40 %

40 %

45%

 

 

c.       Siswa Lulus di perguruan tinggi favorit di Indonesia melalui SBMPTN (Ujian Tulis)

40 %

65%

80%

 

 

d.       Siswa Lulus di perguruan tinggi favorit di Indonesia melalui SBMPTN jalur prestasi dan ujian mandiri

20%

10%

5%

 

2

NON AKADEMIK

 

 

 

 

 

a.       Siswa yang berkarakter dan religius

100%

100%

100%

 

 

b.       Juara Olimpiade Sain Kabupaten (9 Mata Pelajaran OSN Kabupaten)

60%

65%

75%

 

 

c.       Juara cerdas Tangkas 4 Pilar kebangsaan Kabupaten

Juara kabupaten

Juara kabupaten

Juara Provinsi

 

 

d.       Sekolah Adiwiyata /sekolah Sehat

Juara kabupaten

Juara Kabupaten

Juara Provinsi

 

 

e.       Ecafe Learning; siswa berbahasa Inggris aktif

50%

75%

100%

 

 

f.        LKIR; karya ilmiah

Juara Kabupaten

Juara Kabupaten

Juara Provinsi

 

 

g.      LKIR/JURNALISTIK

Juara Kabupaten

Juara Kabupaten

Juara Provinsi

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. STRUKTUR ORGANISASI SMA Negeri 3 Painan

 

  1. PEMBINA : ADIB ALFIKRI, SE,MM

                                               KEPALA DINAS PENDIDIKAN

                                               PROVINSI SUMATERA BARAT

  1. WAKIL PEMBINA : SURYANTO, M.Pd

                                               KEPALA BIDANG PENDIDIKAN SMA

PROVINSI SUMATERA BARAT

                                               

  • KEPALA SEKOLAH

NAMA                                      : SALIM MUHAIMIN S.Pd.M.Si

NIP.                                         : 19701107 199702 1 003

PANGKAT/GOL                                    : PEMBINA /IV A

PENDIDIKAN TERAKHIR         : S2. KIMIA UNIV.ANDALAS PADANG

ALAMAT                                   : PAINAN KAB. PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT

  1. WAKIL KEPALA SEKOLAH
  2. WAKIL KEPALA BIDANG KURIKULUM

NAMA                                : BETTA CENTAURY, M.Pd

NIP.                                   : 19870107 201001 2 029

PANGKAT/GOL                  : PENATA / III C

PENDIDIKAN TERAKHIR   : S2 Pend. Fisika UNP

ALAMAT                             : Jl. Pemuda no 27 Painan Kec. IV Jurai Kab. Pesisir Selatan

 

  1. WAKIL KEPALA BIDANG KESISWAAN

NAMA                                : DEDELFI PUTRA, S.Pd

NIP.                                   : 19850622 201001 1 025

PANGKAT/GOL                  : PENATA / III C

PENDIDIKAN TERAKHIR   : S1 Pendidikan Kewarganegaraan Univ. Negeri Padang

ALAMAT                             : Komplek Islamic Center sago Kec. IV Jurai Kab. Pesisir Selatan

 

  1. WAKIL KEPALA BIDANG SARAN PRASARANA

NAMA                                : ERMAWENI, S.Pd

NIP.                                   :19870930 201001 2 022

PANGKAT/GOL                  : PENATA / III C

PENDIDIKAN TERAKHIR   : S1 Pendidikan Bhs. Indonesia Univ. Negeri Padang

ALAMAT                             : Tarusan Kab. Pesisir Selatan

  1. WAKIL KEPALA BIDANG KEASRAMAAN DAN HUMAS

NAMA                                : SUDARMAN, S.Pd

NIP.                                   :19680601 199702 1 002

PANGKAT/GOL                  : PEMBINA / IV A

PENDIDIKAN TERAKHIR   : S1 Biologi STKIP PGRI Padang

ALAMAT                             : Komplek PU Sianik Sago kec. IV Jurai Kab. Pesisir Selatan

 

 

  1. KEPALA PERPUSTAKAAN

 

NAMA                                      : HERMUS GUSNI, M.Pd

NIP.                                        : 19

PANGKAT/GOL                         : PEMBINA TINGKAT I/ IV B

PENDIDIKAN TERAKHIR            :  S2 Manajemen Pendidikan UNP

ALAMAT                                   : Perumnas Painan Timur Kec. IV Jurai Kab. Pesisir Selatan

 

 

  1. KEPALA LABORATORIUM

 

NAMA                                      : YULDARNIS MAANI, S.Pd

NIP.                                         : 19720714 199802 2 002

 PANGKAT/GOL                         : PEMBINA/ IV A

PENDIDIKAN TERAKHIR             : S1 Biologi STKIP PGRI Padang

ALAMAT                                   : Jl Sutan Syarir Painan Kec. IV Jurai,Kab. Pesisir Selatan

 

 

  • PENGURUS KOMITE SEKOLAH

(SK pengurus komite terlampir)

 

  1. PESERTA DIDIK

 

  • Peserta didik diasramakan, (Boarding school)

      Putra    :  99 siswa

      Putri     : 188 siswa

  • Peserta didik berjumlah 287 siswa yang terdiri dari

      KELAS X                      : 104 SISWA

      KELAS XI                     : 93 SISWA

      KELAS XII                    : 90 SISWA

 

 

  1. PENDIDIK

 

  • PENDIDIK Adalah guru yang diseleksi melalui beberapa tahap oleh Dinas Pendidikan Kab. Pesisir selatan pada tahun 2011
  • PENDIDIK adalah guru tamatan S1 dan S2 dari berbagai Universitas favorit di Indonesia.
  • PENDIDIK adalah guru yang propesional dibidangnya
  • PENDIDIK berjumlah 31 orang yang terdiri dari 19 PNS dan 12 orang PTT

 

DAFTAR NAMA GURU DI SMAN 3 PAINAN

 

NO

NAMA/NIP

PANGKAT/Gol

BIDANG STUDY

 
 
 
 

1

Salim Muhaimin, S.Pd, M.Si

Pembina Tk 1 /IVB

Kepala Sekolah / Kimia

 

19701107 199702 1 003

 

2

Betta Centaury,S.Pd,M.Pd

Penata/III C

Wakil Kurikulum / Fisika

 

19870107 201001 2 029

 

3

Sudarman, S.Pd

Pembina /IV A

Wakil Humas dan Keasramaan / Biologi

 

19680106 199702 1 002

 

4

Ermaweni,S.Pd

Penata/III C

Wakil Sarana Prasarana /B.Indonesia

 

19870930 201001 2 022

 

5

Dedelfi Putra,S.Pd

Penata/III C

Wakil Kesiswaan/ Pend. Kewarganegaraan

 

19850622 201001 1 025

 

6

Edrianto,S.Ag.MA

Pembina /IV A

Pend. Agama Islam

 

19711103 199903 1 003

   

7

Hj. Yuldarnis Maani, S.Pd

Pembina /IV A

Biologi

 

19720714 199802 2002

   

8

Yulia Purnama Sari, S.Pd.

 

Matematika wajib

 

NIP. -

 

9

Dahlia Sismona, S.Pd

Penata Muda Tk I/ III b

Matematika Wajib

 

19780201 201001 2 018

 

10

Rio Eko Putra, S.Pd

-

Matematika Peminatan

 

NIP. -

 

11

Ratna Juwita,S.Pd

-

Matematika Wajib/peminatan

 

NIP. -

 

12

Darma Yunita,S.Pd

Penata/III C

B.Inggris

 

19850106 201001 2 026

Sastara Inggris

 

13

Mega Susilawati, M.Pd

Penata/III C

B.Inggris

 

19860416 201001 2 024

Sastara Inggris

 

14

Gema Umanda, S.Pd

-

PKWU

 

NIP. -

   

15

Joni Andra,S.Pd.MT

Pembina / IV A

Bimbingan TIK

 

19780617 200312 1 003

 

16

Rori Fransiska,S.Pd

Penata/III C

Seni Budaya

 

19850101 200902 2 007

   

17

Mega Okta Sirvia, S.Pd

-

PKWU

 

NIP. -

 

18

Selma Risyani, M.Pd

-

Fisika

 

NIP. -

 

19

Donna,S.Pd

Penata/III C

Ekonomi/Lintas Minat

 

19800117 201001 2 013

PKWU

 

20

Hermus Gusni, M.Pd

Pembina Tk 1 /      IV B

Ekonomi/Lintas Minat

 

19640826 199003 2 004

   

21

Restu Maino, S.Pd

-

B.Indonesia

 

NIP. -

 

22

Arsila Yuanita, M.Pd

-

B.Indonesia

 

NIP. -

 

23

Firdaus S.PdI

Penata/III C

PAI

 

19851127 201001 1 018

 

24

Adri Gustina,S.Pd

Penata/III C

Geografi

 

19870805 201001 2 022

Geografi Lintas minat

 

25

Deni Mulia, S.Pd

-

Sosiologi

 

-

 

26

Zulmariko, S.Pd

-

Kimia

 

NIP. -

 

27

Rahma Yuni Fadlah, S.Pd

-

Kimia

 

 

NIP. -

 

28

Asri Monika, S.Psi

Penata/III C

Bimbingan Konseling

 

19830511 201012 2 003

 

29

Syafni Sukma Yuli, S.Pd, Kons

-

Bimbingan Konseling

 

Nip. -

 

30

Nora Mayantri, S.PdI

-

Sejarah Indonesia

 

NIP. -

 

31

Melita Lovika, S.PdI

-

Sejarah Peminatan

 

NIP. -

   

32

Aswil Yuli Zikri, S.Pd

-

Penjaskes

 

NIP. -

 

33

Okta Elfia Nora, S.Pd

-

Penjaskes

 

NIP. -

 

34

Pertiwi Pramujiasti, S.Pd

-

Bahasa Inggris

 

NIP. -

 

 

  1. TENAGA KEPENDIDIKAN

Tenaga  kependidikan terdiri dari

      Kepala TU                                 : 1 orang

      Staff Tata Usaha                       :  8 orang

      Tenaga kebersihan                     : 7 orang

      Satpam                                     : 5 orang

      Pembina asrama                        : 9 orang

      Petugas kesehatan                    : 1 orang

 

NO

NAMA

Bidang Tugas

 

1

Syafridawati, SH

Kepala Tata Usaha

2

Ayza Nelfa Risnawitha S.E

Pelaksana Urusan Administrasi kesiswaan

3

Susi Deswati, S.Si

Pelaksana Urusan Administrasi surat menyurat dan  kearsipan

4

Putri Adeka Yolanda, Amd

Pelaksana Urusan Administrasi Kurikulum dan Dapodik

5

Julian Toni

Pelaksana Urusan sarpras

6

Ridawati, S.E

Pelaksana Urusan Administrasi Pelaksana Adm. Sarana Prasarana dan Laboratorium

7

Firda Nengsih, S.T

Pelaksana Urusan Administrasi kepegawaian

9

Hildiana Gusti, A.Md

Pelaksana Urusan Administrasi kepegawaian

10.

Hengki Prima, S.Kom

Operator dan kepegawaian

11

Os Rianto

Security Sekolah

12

Ipal Rianto

Security Sekolah

13

Yuliadi. S

Security Sekolah

14

Eri Susanto

Security Sekolah

15

Yudha Saputra

Security Sekolah

16

Ade Putri

Petugas Kebersihan

17

Mita Elsa Putri

Petugas Kebersihan

18

Maizul

Petugas Kebersihan

19

Deni Kumala sari

Petugas Kebersihan

20

HENDRI WATERMAN

Petugas Kebersihan

21

Andi Kaldi

Petugas kebersihan Taman sekolah

22

Yandi

Petugas Kebersihan

23

Harry Septiawann, S.Pd

Pembina Asrama Putera

24

Devri yori, S.Pd

Pembina Asrama Putera

25

Zul Indra, S.Pd

Pembina Asrama Putera

26

Diki Ermanto, S.Pd

Pembina Asrama Putera

27

Rahma Yuni Fadlah, S.Pd

Pembina Asrama Puteri

28

Megawati Zalma, S.Pd

Pembina Asrama Puteri

29

Deviana Roza, S.Pdi

Pembina Asrama Puteri

30

Anang Ria Mustika, S.Pd

Pembina Asrama Puteri

 

 

 

 

 

 

  1. PRESTASI AKADEMIK SMAN 3 PAINAN

(TERLAMPIR)

 

  1. PROGRAM ASRAMA

 

Program Kegiatan/Pembimbingan Asrama

  1. Program Pembinaan Karakter dan IMTAQ (Iman dan taqwa)
  2. Sholat berjama’ah

Setiap peserta didik atau warga asrama SMA Negeri 3 Painan diharuskan untuk shalat 5 waktu berjama’ah dimesjid yang berada dilingkungan asrama (Mesjid Miftahul ‘Ulum) lima kali sehari.

  1. Shalat Duha

Sebelum proses belajar mengajar dimulai setiap peserta didik dianjurkan untuk melaksanakan shalat duha di asrama atau di mesjid terdekat.

  1. Tahajjud Program (Program pembiasaan)
  2. Puasa Senin-Kamis (program pembiasaan)
  3. Tahfiz Al-Qur’an
  • Dilaksanakan setiap hari sesudah melakukan shalat Asyar berjamaah dimesjid.Jam 16.00 -17.30 Wib. Setiap siswa menyetorkan hafalan kepada guru pembimbing masing-masing
  • Setiap siswa wajib mengikuti program tahfiz Al-Quran.
  • Bagi siswa yang tidak datang/ absen tanpa keterangan yang jelas maka akan diberi sanksi atau pengurangan poin.
  • muraja’ah (mengulang hafalan) sekali 15 hari
  • setiap siswa hafal setengah juz ayat al-qur ‘an selama satu semester
  • Setiap 2 bulan akan diadakan pemilihan peserta dengan hafalan terbanyak dan evaluasi, setiap laporan hasil evaluasi /perkembangan dan ketidak hadiran akan diberikan kepada orang tua.
  1. MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa)
  • Dilaksanakan satu kali dua minggu ditempat yang telah ditentukan.
  • Bertujuan untuk mengembangkan, melatih dan meningkatkan pemahaman siswa tentang  wawasan keislaman.
  • Memupuk dan meningkatkan kecintaan perserta didik kepada Allah, Rasulnya, kepada guru dan orang tua.
  • Meningkatkan rasa kekeluagaan dan persaudaraan antar sesama warga asrama.

(Rancangan kegiatan mabit terlampir)

 

  1. Melafazkan Asmaul Husna
  • Dilkasanakan satu kali dalam seminggu setelah shalat subuh.
  • Setiap perserta didik diharapkan mampu menghafal dan memahami Asmaul husna
  1. Pidato pendek
  • masing-masing siswa mampu berpidato pendek.
  • pidato pendek dilaksanakan setelah shalat asyar secara bergiliran
  1. Pembiasaan Kultur SMA Negeri 3 Painan
    1. Selalu bersama Alqur’an
    2. Budaya 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)
    3. Budaya mengucapkan terima kasih terhadap orang yang telah memberikan jasa
    4. Budaya minta maaf
    5. Budaya minta dido’akan kepada guru dan orang tua
    6. Budaya pamit kepada guru dan orang tua serta Pembina setiap berpergian
  2. Program Peningkatan Akademis
  3. Belajar mandiri
  • Dilaksanakan setiap hari mulai pukul 20.00 (sesudah shalat isya) sampai pukul 22.00 dan didampingi oleh pembina asrama dan guru yang bertugas/piket.
  • Guru piket memantau, mengontrol, mencatat pelanggaran selama kegiatan berjalan serta menciptakan suasana yang nyaman dan tenang untuk belajar.
  • Dilaksanakan diruangan yang telah ditentukan.
  • Setiap peserta didik wajib menciptakan suasana yang nyaman dan tenang selama belajar mandiri berlangsung, tidak diperkenankan menganggu teman lainnya, dilarang bermain (melakukan kegiatan yang tidak perlu) selama kegiatan pembelajaran/bimbingan berlangsung tidak dibolehkan meninggalkan ruang belajar tanpa izin.
  • Selama belajar mandiri, perserta didik dibolehkan untuk browsing internet dalam rangka mencari bahan atau materi tambahan yang relevan dengan pelajaran di kelas. (Dilarang membuka facebook, twitter, friendster, dan jejaring sosial lainnya).
  1. English for this week.
  • Setiap siswa diharuskan mampu menguasai beberapa kalimat-kalimat pendek ( minimal 5/6 kalimat) dalam bahasa inggris yang telah disusun dan ditempelkan dipapan tulis yang tersedia dalam jangka waktu satu minggu.
  • Kalimat-kalimat tersebut akan bertukar setiap minggu.
  • Setiap siswa harus bisa mempraktekkan kalimat tersebut dalam percakapan mereka sehari-hari.
  1. Vocabulary around you
  • Setiap siswa diawajibkan untuk mengetahui bahasa inggris untuk benda-benda yang berada disekeliling mereka.
  • Setiap siswa akan ditagih/ditanya tentang bahasa inggris dari benda-benda tersebut pada waktu-waktu tertentu.
  1. Lomba cerdas cermat antar kamar
  • Dilaksanakan pada akhir semester
  • Masing-masing kamar memilih 3 atau 4 orang utusan untuk mengikuti lomba cerdas cermat antar kamar.
  • Materi lomba berhubungan dengan materi-materi yang telah didapatkan siswa baik itu didalam kelas maupun selama dalam program pengembangan IMTAQ dan IPTEK.

 

  1. Program Kreatifitas dan penanaman disiplin
  2. Lomba Kebersihan kamar
  • Diumumkan di akhir semester
  • Penilaian dilakukan oleh pembina asrama setiap hari
  1. Pemilihan anggota asrama terbaik/ teladan di akhir semester
  2. Program kesehatan jasmani dan rohani
  3. Olahraga pagi/ senam satu kali dua minggu
  4. Outbond
  5. Refreshing satu kali satu bulan
  6. Goro bersama satu kali dua minggu
  7. Program Sosial
  8. pengumpulan uang kas dari masing-masing siswa satu kali seminggu
  9. mengunjungi siswa yang sakit/ terkena musibah
  10. takziyah

 

  1. Jadwal Kegiatan Harian Asrama

No

Waktu

Program/Kegiatan

1.

04.30-05.30

Bangun  dan shalat shubuh berjama’ah

2.

05.30-06.00

hafalan Al-qur,an

3.

06.00-06.45

Mandi dan persiapan ke sekolah / Sarapan Pagi

4.

06.45-07.10

Tutor Bahasa dan apel Pagi

5.

07.15 – 12.10

PBM di sekolah

6.

12.10-13.30

Shalat Zhuhur berjama’ah dan makan siang

7.

13.30-14.15

PBM di sekolah

8.

14.15-15.30

Pengembangan diri

9.

15.30-16.00

Shalat ashar berjamaah

10

16.00-17300

Olahraga

11

17.30-18.15

Kegiatan pribadi (mandi, mencuci, dsb)

12

18.15-18.45

Shalat magrib berjamaah

13

18.45.19.30

Makan malam

14

19.30-20.00

Shalat Isya berjamaah

15

20.00-22.00

Belajar Mandiri

16

22.00-04.30

Tidur

 

 

 

 

 

CATATAN: KHUSUS JADWAL SABTU MALAM DAN MINGGU SIANG SATU KALI LIMA BELAS HARI

20.00-22-00

06-00-07.00

07-00-07.30

07.30-09.00

09.00-10.00

10.00-12.00

12.00-12.45

12.45-13.30

13.30-17.30

17.30 – 18.30

18.30-19.00

19.00-19.30

19.30-20.00

20.00-22.00

22.00-04.30

Pelatihan tentang ibadah / tausiyah/Muhadharah

Olaraga pagi/senam

Sarapan pagi

Gotong royong

Mandi

Refresing

Shalat Zuhur berjama’ah

Makan siang

Istirahat / Kegiatan pribadi

Kegiatan mandiri

Sholat magrib

Makan malam

Sholat isya

Kegiatan asrama

Tidur

 

...

Salim Muhaimin, S.Pd, M.Si

Bismillahirrahmannirrahim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi rabbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasanya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Hai, kamu alumni SMAN 3 PAINAN ? Tolong berikan nilaimu terhadap website ini, kritik dan saranmu sangat membantu untuk pengembangan website sman3painan.sch.id

LIHAT HASIL