SMAN 3 PAINAN

JL.RAYA SAGO KOMPLEK ISLAMIC CENTER SAGO PAINAN

TO BE THE BEST FOREVER

TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI

Rabu, 22 Juli 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 46 Kali

Tata Cara Permhonan Informasi PPID

  1.  Pemohon informasi publik mengajukan permintaan informasi publik ke badan publik baik dengan
    cara datang langsung ke kantor badan publik maupun melalui surat elektronik (email), telepon
    dan pendaftaran permohonan via website badan publik yang menyediakan layanan E-PPID
    (layanan pengajuan permohonan informasi publik secara online,
  2. pemohon informasi publik harus menyerahkan dokumen identitas diri yang masih berlaku (KTP)
    dan menyebutkan subjek atau jenis informasi publik yang diminta dan cara penyampaian
    informasi publik yang diinginkan. bila permohonan tidak lengkap, Pejabat Pengelola Informasi
    dan Dokumentasi (PPID) badan publik berhak meminta pemohon informasi publik untuk
    melengkapi permohonan,
  3. PPID pada badan publik mencatat semua yang disebutkan oleh pemohon informasi publik dalam
    formulir permohonan yang disediakan oleh PPID badan public
  4. pemohon informasi publik harus meminta tanda bukti/tanda terima kepada PPID badan publik
    sebagai bukti bahwa pemohon informasi publik telah melakukan permintaan informasi publik ke
    badan publik tersebut,
  5. permohonan informasi publik wajib direspon secara tertulis atau dipenuhi oleh badan publik
    dalam jangka waktu10 HARI KERJA sejak permintaan informasi publik dari pemohon
    informasi publik diterima oleh PPID badan publik,
  6. badan publik bisa meminta tambahan waktu 7 HARI KERJA lagi apabila badan publik
    memerlukan tambahan waktu lebih dari 10 HARI KERJA untuk merespon secara tertulis atau
    memenuhi permintaan informasi publik dari pemohon informasi publik,
  7. apabila dalam waktu 17 HARI KERJA sejak permintaan informasi publik dari pemohon
    informasi publik diterima oleh PPID badan publik, badan publik belum merespon secara tertulis
    ataupun belum memenuhi permintaan informasi publik ataupun badan publik sudah merespon
    secara tertulis dan memenuhi permintaan informasi publik namun dianggap atau dinilai pemohon
    informasi publik belum sesuai permintaan informasi publik yang diajukan ataupun belum
    memuaskan pemohon informasi publik. maka pemohon informasi publik berhak mengajukan
    surat keberatan kepada atasan PPID badan public,
  8. apabila dalam jangka waktu 30 HARI KERJA sejak diterimanya surat keberatan pemohon
    informasi publik pada atasan PPID badan publik, surat keberatan pemohon informasi publik
    tersebut tidak direspon secara tertulis ataupun permintaan informasi publik tidak dipenuhi sesuai
    permintaan yang diajukan pemohon informasi publik ataupun surat keberatan dari pemohoninformasi publik pada atasan PPID sudah direspon secara tertulis dan permintaan informasipublik dianggap sudah dipenuhi oleh badan publik namun pemohon informasi publikmenganggap dan menilai respon dan tanggapan tidak sesuai dengan permintaan informasi publikyang diajukan oleh pemohon informasi publik pada badan publik maka pemohon informasipublik berhak mengajukan permohonan sengketa informasi publik kepada KOMISI INFORMASIsesuai tingkatan dan kewenangannya yaitu untuk badan publik tingkat Pusat ke KOMISIINFORMASI PUSAT dan badan publik tingkat Provinsi ke KOMISI INFORMASIPROVINSI.

KOMENTARI TULISAN INI

...

Salim Muhaimin, S.Pd, M.Si

Bismillahirrahmannirrahim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi rabbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasanya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Hai, kamu alumni SMAN 3 PAINAN ? Tolong berikan nilaimu terhadap website ini, kritik dan saranmu sangat membantu untuk pengembangan website sman3painan.sch.id

LIHAT HASIL